Jumat, 27 Maret 2015

OPTIMALISASI MERAKIT LNB C-BAND DENGAN DISH GERAK

Sepengalaman saya memasang parabola gerak  agar hasilnya optimal harus menggunakan 3 lnb. kenapa harus 3? bukankah 2 saja cukup? ya... ini adalah trik agar hasilnya optimal. seperti kita tahu dalam dunia lnb terdapat dua sistem polarisasi, yaitu horisontal vertikal dan right left (linear dan circular).

diwilayah indonesia satelit yang menggunakan sistem transmisi circular berada di sebelah barat. sedangkan lainnya menggunakan sistem linear. oleh karena itu lnb yang untuk menangkap sinyal circular cukup satu. sedangkan yang dua lagi dipakai untuk menagkap sinyal linear.

nah, untuk optimalnya dua lnb yang untuk menangkap sinyal linear dipasang off side. yang satu off side sebelah barat stik/fokus dan satunta lagi off side sebelah timur stik/fokus. jika ingin menangkap sinyal satelit disebelah barat, maka gunakanlah lnb yang off side timur. dan jika ingin menangkap sinyal satelit yang ada disebelah timur, maka pakailah lnb off side barat. ini dilakukan karene sepengalaman  saya jika posisi dish condong, antara lnb yang ditempatkan pada fokus dan off side, sinyalnya lebih besar yang off side. alhasil lnb yang disekat harus dipasang pada posisi off side sebelah timur dari tiang fokus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.